Cara Membuat Disclaimer Dan Privacy Policy Dengan Mudah

Cara Membuat Disclaimer Dan Privacy Policy Dengan Mudah



Cara membuat disclaimer blog tentu sangat penting, khususnya untuk para blogger. Sebab mayoritas para blogger sekarang, bukan hanya menjadikan blog sebagai hobi namun juga untuk menghasilkan uang. Dengan memiliki kelengkapan blog, satu diantarany disclaimer maka sobat blogger akan lebih mudah menghasilkan uang.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Privacy Policy Blog untuk Meningkatkan Penghasilan

Sebelum membuat disclaimer untuk blog, Anda harus paham dulu apa yang dimaksud dengan disclaimer dan apa pentingnya untuk blog Anda.

Pengertian Disclaimer

Sebelum membahas cara membuat disclaimer blog, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian dislaimer itu sendiri. Sehingga dengan demikan, kita akan semakin paham posisi dan peran penting disclaimer bagi sebuah blog.

Menurut asal katanya, pengertian disclaimer berasal dari bahasa Inggris yang jika diterjemahkan memiliki arti penolakan atau melepaskan. Dilihat dari fungsinya, pengertian disclaimer adalah kalimat yang berisi peringatan kepada publik/konsumen/pengunjung, tentang kualitas sebuah barang riil, anjuran, advis, artikel, ramalan, serta berbagai bendak abstrak yang lainnya.

Secara ringkas, disclaimer dapat dikatakan sebagai pernyataan untuk melepaskan diri dari tanggung jawab. Jadi cara membuat disclaimer blog, kalimatnya harus mengandung kalimat inti, tentang pemindahan tanggung jawab dari sebuah sumber (blog) kepada para pembaca atau penggunanya. Selain itu, isi disclaimer juga harus memiliki kalimat yang menjelaskan karakteristik dari konten blog secara keseluruhan.

Contoh disclaimer blog :

"Setiap tulisan yang ada dalam blog ini adalah hasil dari pemikiran dan pengalaman sendiri, serta mengutif referensi dari berbagai sumber, baik buku atau hasil pencarian Google. Segala kerugian yang mungkin ditimbulkan dari mengikuti tulisan dari blog ini, menjadi tanggung jawab masing-masing pembaca, bukan tanggung jawab dari admin blog."

Selain lebih membuat nyaman para pemilik blog, disclaimer juga akan membuat tampilan blog semakin terlihat profesional, disukai Google, dan akan semakin mudah diterima Google Adsense.

Hubungan Disclaimer dengan UU ITE

Berbeda dengan kebijakan privasi (privacy policy), disclaimer memuat pernyataan bahwa segala sesuatu yang ada dalam sebuah blog, merupakan sebuah informasi belaka. Pemilik atau pun pengelola blog, tidak bertanggung jawab atas kelengkapan dan keakuratan informasi yang telah dipublikasikan tersebut.

Lantas kemudian timbulah pertanyaan akan kelegalan disclaimer  terkait exit clause, terutama jika ada pelanggaran terkait hal-hal yang di formulasikan dalam privacy policy dan terms & conditions dari sebuah blog atau website ? Lantas seperti apakah posisi kelegalan disclaimer dalam UU ITE?

Mengutip blogooblok.com, yang menyampaikan jawaban tersebut dari buku Internet Law and Regulaton, karya Graham J.H. Smith.

Dalam buku tersebut, Graham menjelaskan bahwa disclaimer dimuat dengan tujuan untuk memberi perlindungan, khususnya bagi pemilik blog atau website selaku pemberi informasi. Dalam hal ini, para pembaca dianggap secara otomatis menerima segala syarat dan ketentuan yang ada pada blog atau situs tersebut, termasuk di dalamnya klausal disclaimer.

Namun demikian, adanya discalimer dalam sebuah website atau blog, di Indonesia bukan berarti dapat melepas dengan sendirinya, terhadap tanggung jawab hukum dari pemilik atau pun pengelola sebuah situs atau blog tersebut. Demikian yang tertera dalam UU ITE, yang merupakan pedoman hukum di negeri ini.

Terlepas hal itu, tentu tidak ada salahnya jika mencantumkan disclaimer pada setiap blog yang kita miliki. Lantas bagaimanakah cara membuat disclaimer itu ?

Cara Membuat Disclaimer

Cara membuat disclaimer blog tentu memiliki banyak cara, salah satunya adalah dengan menulis sendiri. Namun jika ingin praktis, sobat bisa menggunakan situs berikut ini, sehingga dapat langsung menampilkan disclaimer hanya dengan beberapa kali klik.

Jika sebelumnya sobat sudah pernah membuat Privacy Policy dengan link generator, maka langkah ini pun tidak jauh berbeda dengan hal itu.  Adapun langkah-langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  • Langkah awal silahkan sobat masuk pada situs  Privacy Policy Online, untuk membukanya silahkan klik di sini.
  • Lihat bagian header home page, cari dan kliklah tulisan Disclaimer Generator.


Setelah terbuka, silahkan isi form data yang  ada, dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Your Site Title : Berisi nama blog atau website sobat.
  • Your Site URL : Alamat atau url blog sobat.Contact Link : Cantumkan url laman contact sobat pada blog tersebut.
  • Email Address : Tuliskan email yang dapat digunakan untuk menghubungi sobat.
  • Email Encryption: Memiliki tiga pilihan, yaitu  menggunakan Encryption, HTML atau JavaScript.
Setelah semua informasi tersebut diisi, silahkan sobat klik menu Generate Disclaimer. Sampai dilangkah ini, maka akan munculah disclaimer untuk blog sobat, silahkan copy untuk kemudian dipasang. Jika sobat ingin melihat hasilnya, tidak ada salahnya untuk mengklik Preview Your Disclaimer.

Cara Memasang Disclaimer di Blog

Seperti biasa, untuk memasang disclaimer ini silahkan sobat masuk ke dasboard blog, kemudian klik menu laman. Setelah itu, silahkan buat laman baru, dan jangan lupa rubahlah mode Compose menjadi HTML, kemudian pastekan sript tersebut ke dalam kotak yang tersedia.

Berikanlah judul Disclaimer, kemudian klik publikasikan. Sampaai di sini, maka sekarang blog sobat sudah memiliki laman disclaimer. Sangat mudah sekali bukan ? Namun jika ada sesuatu yang masih bingung dan ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk menanyakannya pada kolom komentar yang sudah tersedia di bawah ini.

Demikian cara membuat disclaimer blog, semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: